Pengertian Desain Interior Beserta Elemen Dan Prinsip Dasarnya

Pengertian Desain Interior Beserta Elemen Dan Prinsip Dasarnya | AdobeMasters - Untuk postingan hari ini, AdobeMasters sudah membuat dan menyiapkan artikel terbaru, yang mungkin dapat bermanfaat bagi pengunjung AdobeMasters yang sedang mencari solusi dan menemukan artikel dengan judul Pengertian Desain Interior Beserta Elemen Dan Prinsip Dasarnya di google pencarian.

Jika sebelumnya atau kata kunci yang sedang ramai untuk AdobeMasters adalah tutorial photoshop manipulasi, tutorial photoshop keren, tutorial photoshop bahasa indonesia lengkap, tutorial photoshop pdf, kumpulan tutorial photoshop untuk pemula, tutorial photoshop cs6, tutorial photoshop cs3, tutorial adobe photoshop, tutorial adobe illustrator pemula, tutorial adobe photoshop cc 2018 bahasa indonesia, tutorial adobe photoshop cc 2017 bahasa indonesia, tutorial adobe illustrator bahasa indonesia, tutorial adobe premiere untuk pemula, tutorial adobe premiere pro cc 2015, tutorial adobe premiere pro cc 2017 bahasa indonesia pdf, tutorial adobe premiere pro cs6, tutorial adobe premiere pro cc 2018, video tutorial adobe premiere pro cc, tutorial adobe premiere pro cc 2018 bahasa indonesia, teknik editing video adobe premiere, tutorial adobe after effect dasar, tutorial after effect cs6, tutorial adobe after effect cc 2018, download ebook after effect bahasa indonesia, tutorial after effect membuat opening, tutorial opening after effect, tutorial after effect cs4, basic tutorial adobe after effects, tutorial vector android, tutorial vector infinite design, tutorial vector picsay pro, video tutorial vector corel draw, cara membuat vector di corel draw x7 untuk pemula, cara membuat desain vektor coreldraw, cara membuat vector hijab, tutorial vector vexel. Maka untuk saat ini atau artikel yang saya beri judul Pengertian Desain Interior Beserta Elemen Dan Prinsip Dasarnya belum menemukan solusi anda, maka bisa ikuti link berikut membaca artikel menarik lainnya yang mungkin kamu butuhkan Article, Design Grafis, kamu bisa menemukan banyak artikel yang terkait dengan Pengertian Desain Interior Beserta Elemen Dan Prinsip Dasarnya. Lanjutkan ke pembahasan dan baca ya hingga akhir..

Pengertian Desain Interior Beserta Elemen Dan Prinsip Dasarnya


AdobeMasters.blogspot.com - Desain Interior

Hallo Sahabat AdobeMasters, Pada pembahasan kali ini, Saya akan membahas tentang apa itu desain interior. Intinya interior tersebut merupakan kondisi atau keadaan pada bangunan atau ruang didalamnya. Namun sebelum itu, kita harus mengetahui pengertian Desain Interior secara umum dan dasar. Nah, maka dari itu mari kita simak pembahasan dibawah ini.

Pengertian Desain Interior Secara Umum

Desain interior adalah Ilmu yang mempelajari perancangan suatu karya seni yang ada di dalam suatu bangunan dan digunakan untuk memecahkan masalah manusia. Salah satu bidang study keilmuan yang didasarkan pada ilmu desain, bidang keilmuan ini bertujuan untuk dapat menciptakan suatu lingkungan binaan (ruang dalam) beserta elemen-elemen pendukungnya, baik fisik maupun nonfisik. Sehingga kualitas kehidupan manusia yang berada didalamnya menjadi lebih baik. Perancangan interior meliputi bidang arsitektur yang melingkupi bagian dalam suatu bangunan. Contoh : Perancangan interior tetap, bergerak, maupun dekoratif yang bersifat sementara.

Misalkan pada pekerjaan desain dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu:
  1. Perancangan interior tetap, perancangan desain inerior mulai dari merencana denah existing bangunan, lay-out, floor plan, ceiling plan, potongan, aksonometri, detail, perspektif, maket, animasi, dan teknis presentasi lainnya.
  2. Perancangan interior bergerak (moveable), perancangan desain interior yang bersifat mikro, misalkan pembuatan desain furniture, desain produk, desain landscape interior, handycraft, dll.
  3. Perancangan decoratif, perancangan yang bersifat menghias, misalkan mendesain hiasan pesta pernikahan, mendesain pesta ulang tahun, dll.
Tujuan dari perancangan interior secara garis besar yaitu:

  1. Untuk menciptakan lingkungan bina yang fungsional dan indah, selain itu dapat menunjang kenyamanan user dalam beraktivitas di dalam ruang.
  2. Interior merupakan sesuatu yang berada di dalam bangunan. Bisa juga diartikan seperti desain atau dekorasi di dalam struktur.
  3. Interior memadukan semua hal yang berkaitan erat dengan warna, tekstur, dan lainnya.
  4. Diaplikasikan pada iklim atau cuaca yang berbeda.
  5. Harus memiliki kreativitas. Maksudnya yaitu interior terus berkembang sesuai dengan kreativitas desainernya agar tidak monoton karena dapat menimbulkan kesan membosankan pada ruang. Semakin tinggi kreativitas dari sang desainer maka semakin bervariasi karya yang akan dia hasilkan.
Elemen-Elemen Pembentuk Interior

Interior suatu ruangan dibentuk melalui elemen-elemen pembentuk yang saling terkait. Elemen-elemen tersebut menjadi hal yang paling mendasar dalam perancangan interior suatu ruangan. Adapun elemen-elemen interior terdiri dari:

  1. Plafond: bagian dari interior yang berada di paling atas sebagai penutup ruang.
  2. Dinding: bagian sari interior yang posisinya di tengah/mengelilingi/membentuk ruang sebagai pembatas ruang.
  3. Lantai: bagian paling bawah dari ruangan sebagai alas ruang tersebut.
Prinsip-Prinsip Dasar Desain Interior

Terdapat tujuh prinsip dasar yang diwadahi dalam interior design, antara lain :

1. Unity and Harmony

Yaitu suatu ruangan dianggap sebagai suatu kesatuan dimana semua elemen yang ada saling melengkapi dan berkesinambungan satu dengan yang lainnya sehingga menghasislkan komposisi yang seimbang.


2. Keseimbangan (Balance)

Keseimbangan berarti tidak “berat” sebelah. Tidak terlalu condong ke sisi sebelah kanan atau kiri atau atas dan sebagainya. Segala sesuatu yang seimbang akan menciptakan unity dan harmony.
Keseimbangan dibagi menjadi 3 yaitu:
  • Keseimbangan Simetris: Keseimbangan simetris terjadi apabila berat visual dari elemen-elemen desain terbagi secara merata baik dari segi horizontal maupun vertikal. Gaya ini mengandalkan keseimbangan berupa dua elemen yang mirip dari dua sisi yang berbeda.
  • Keseimbangan Asimetris: Keseimbangan asimetris terjadi ketika berat visual dari elemen desain tidak merata di poros tengah halaman. Gaya ini mengandalkan permainan visual seperti skala, kontras, warna untuk mencapai keseimbangan dengan tidak beraturan.
  • Keseimbangan Radial:   Adalah ketika semua element desain tersusun dan berpusat di tengah. Misalnya: Tangga berbentuk spiral.
3. Vocal Point

Vocal Point disini maksudnya adalah aksen yang menjadi daya tarik ruangan. Bisa satu atau lebih. Misalnya vocal point pada ruangan adalah jendela besar yang ada di ruangan, perapian atau bisa juga lukisan. Pemberian warna atau detail dan bentuk tertentu juga dapat dijadikan sebagai vocal point.

4. Ritme

Dalam desain interior, ritme adalah semua pola pengulangan tentang visual. Ritme didefinisikan sebagai kontinuitas atau pergerakan terorganisir.

5. Detail

Detail pada desain interior mencakup segala kelengkapan yang ada pada ruangan. Mulai dari furniture utama, furniture tambahan, hingga furniture artivasial. Detail-detail tersebut juga berpengaruh besar terhadap suasana ruang yang tercipta.

6. Skala dan Proporsi

Kedua prinsip desain yang berjalan beriringan, karena keduanya berhubungan dengan ukuran dan bentuk. Skala dan proporsi disini berpengaruh terhadap tingkat kenyamanan civitas yang berada di dalam ruangan.

7. Warna

Warna pada desain interior berpengaruh terhadap mood dan suasana ruang. Warna-warna yang soft akan cenderung menciptakan suasana ruang yang menenangkan, sedangkan warna-warna cerah akan memberikan suasana ruang yang menyegarkan.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian desain interior beserta elemen dan prinsip dasarnya ini. Semoga artikel yang dirujuk dari berbagai sumber ini, bisa bermanfaat bagi Sahabat Adobe Masters Blog semuanya. Selamat Berkreativitas, Terimakasih.

Oke sudah pada bagian akhir atau penutup dari artikel Pengertian Desain Interior Beserta Elemen Dan Prinsip Dasarnya jangan sungkan untuk kembali atau bookmark dan share ke sosmed ya sahabat AdobeMasters.

Disqus Codes
  • To write a bold letter please use or
  • To write a italic letter please use or
  • To write a underline letter please use
  • To write a strikethrought letter please use
  • To write HTML code, please use or
    or

    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

SUBSCRIBE ARTICLE